Film Terbaik di Indonesia

Deretan Film Terbaik di Indonesia Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Karya sineas Indonesia kian menunjukkan kualitas yang mendunia. Ide ceritanya pun beragam, mulai dari mengangkat kisah fiksi, saduran dari novel, hingga menjadikan kisah nyata sebagai dasar pembuatan cerita.

Beberapa film karya anak bangsa pun banyak menuai kesuksesan. Tak cuma di dalam negeri, pujian juga datang dari publik internasional. Memang, film-film tanah air mulai banyak yang diputar di berbagai ajang berkelas dunia.

5 Film Berdasarkan Kisah Nyata Karya Sineas Tanah Air

Film berdasarkan kisah nyata adalah hal yang sulit dilakukan. Sebab, semua aspek dalam film tersebut harus betul-betul sesuai dengan kenyataannya.

Yang paling sulit adalah menemukan pemeran yang sesuai untuk karakter tertentu. Berikut ini ada beberapa film terbaik yang diangkat dari kisah nyata:

  1. Gie

Film ini mengisahkan tentang Soe Hok Gie semasa hidupnya. Plot pada film ini dikerucutkan pada masa kuliah seorang Gie. Pada masa itu, Gie adalah pegiat demonstrasi yang mengkritik pemerintahan Orde Lama.

Gerakan mahasiswa yang dipelopori oleh Gie ini turut andil dalam meruntuhkan rezim Orde Lama.

Kegemaran dan kritisnya Gie sebagai seorang yang ‘lurus’ dalam hal politik bernegara membuatnya ditinggalkan oleh teman-teman terdekatnya. Saat-saat diasingkan itulah, Gie yang juga gemar mendaki gunung, akhirnya mendaki Gunung Semeru, tempat di mana Gie menghembuskan nafas terakhirnya.

  1. Sang Pencerah

Film ini menggambarkan kisah hidup seorang Ahmad Dahlan, sosok penting dalam perkembangan Islam di Indonesia. Di usia 21 tahun, Ahmad Dahlan yang baru saja kembali dari Mekah merasa resah karena masyarakatnya banyak yang melenceng dalam menjalankan syariat Islam.

Lewat suraunya, Ahmad Dahlan menyerukan pembaharuan dan berusaha mencitrakan Islam sebagai agama modern.

Film ini juga menceritakan awal mula berdirinya organisasi Muhammadiyah, yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan masyarakat Islam Indonesia agar turut mengikuti perkembangan jaman.

  1. Merry Riana: Mimpi Sejuuta Dolar

Inspiratif. Satu kata itu mungkin cukup untuk menggambarkan perjalanan hidup Merry Riana yang diangkat ke layar lebar ini. Film ini memberikan wawasan baru kepada penonton bahwa menyerah bukanlah pilihan, melainkan terus berusaha untuk menggapai impian.

Lewat film ini, Merry Riana mengajarkan kita bahwa hidup memang memiliki dinamika naik dan turun.

Tetapi, dengan kejujurannya, seseorang akan selalu bisa diterima oleh siapa pun. Nilai positif lainnya adalah tentang cinta dan kasih sayang adalah tak dapat terbeli dengan berapa pun banyaknya uang.

  1. Habibie & Ainun

Perjalanan hidup B.J. Habibe muda berhasil dikemas dengan baik pada film ini. Kepiawaian akting Reza Rahadian terbukti lewat film ini. Ia sukses memerankan sosok jenius tanah air itu dengan sangat apik.

Lihat Juga : Kelebihan Bermain di Situs Poker Resmi dan Terpercaya

Film ini menceritakan perjalanan cinta dan karir seorang Habibie muda, yang bermimpi untuk memanjukan industri pesawat terbang di Indonesia. Kisah asmara Habibie dan Ainun pada film ini pun berhasil menguras emosi terdalam para penontonnya.

  1. Surat Kecil Untuk Tuhan

Film ini mengangkat kisah Keke yang berusia 13 tahun dengan penyakit kanker langka. Kisah ini bukan soal Keke yang melawan kanker. Tetapi tentang Keke yang menerima kenyataan dan berusaha membuat sisa usianya digunakan untuk beragam hal sarat manfaat.

Kisah Keke ini terlebih dahulu viral di media internet, sebelum akhirnya dibukukan lalu diangkat menjadi karya sinema.

Terdapat perbedaan antara versi cetak dan versi filmnya. Namun demikian, film garapan Harris Nizam ini tetap berhasil mengulik kisah pahit manis kehidupan dengan cara yang penuh emosi.

Itulah 5 film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata. Selain memberi hiburan, beberapa film di atas juga sarat inspirasi. Kamu mungkin sudah menonton dari salah satunya menurut kamu, mana yang paling seru?